Dukuh Soropati

Lokasi: Obyek Wisata Pule Payung, Dusun Soropati




PROFIL DUSUN


Dusun Soropati merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Hargotirto. Dusun yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian penderes ini memiliki hasil perkebunan buah durian, manggis, dan rambutan. Selain itu, dusun ini juga menghasilkan kayu-kayuan serta cengkeh yang merupakan hasil tahunan nomor dua. Karena masyarakatnya bekerja sebagai penderes, hasil gula nira kelapanya pun menjadi salah satu sumber utama pemasukan dari dusun ini.

Kesenian yang melekat pada dusun ini tidak jauh berbeda dengan dusun lainnya di Desa Hargotirto namun komunitasnya lebih aktif dan bervariasi, beberapa di antaranya yaitu kethoprak, jathilan kreasi, jathilan klasik, sholawatan, serta kincling. Kincling sendiri merupakan kesenian yang menyerupai jathilan namun alat musiknya lebih banyak dari kesenian kethoprak. Dusun ini memiliki komunitas karang taruna yang cukup aktif. Selain itu, KKLPMD (Kelompok Kerja Kemasyarakatan Desa di Pedusunan) di Soropati membantu Kepala Desa mengenai pembangunan di dusun.

Menurut Afan Surahman selaku Kepala Dusun Soropati, masyrakat di dusun ini memiliki budaya “saling tetawa saling nawani” yang dalam kata sederhananya masyarakat akan saling menawarkan bantuan. Afan juga menanamkan mindset untuk bekerja keras pada masyarakatnya. “Kalau ingin sejahtera, ya harus bekerja keras. Jangan hanya minta dana saja. Hal itu akan membuat masyarakat semakin malas saja.”

Di Dusun Soropati, saat ini sedang dibangun objek wisata Pule Payung. Pesona alam dan keindahan yang ditawarkan Pule Payung mampu memanjakan mata setiap wisatawan yang mendatanginya. Setelah pembangunannya selesai seluruhnya, Dusun Soropati akan mempromosikan objek wisata Pule Payung lebih gencar lagi agar banyak masyarakat luas dapat menikmati keindahan alamnya.


Sumber data primer: Bapak Afan Surahman (Kepada Dukuh Soropati)

Komentar

  1. Mantap website desanya, http://antalangu.blogspot.co.id/2017/12/tentang-aplikasi-eregister.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer