Dukuh Sebatang

Lokasi: Gerbang masuk Dukuh Sebatang (Berbatasan dengan desa Hargowilis)



PROFIL DUSUN

Dusun Sebatang terletak di wilayah paling barat Desa Hargotirto, berbatasan dengan Desa Kalirejo dan Desa Hargowilis. Dusun Sebatang terdiri dari 4 RT dan 2 RW. Meskipun dusun ini merupakan salah satu dusun termiskin di Desa Hargotirto, Dusun Sebatang merupakan salah satu dusun yang ber-potensial di Desa Hargotirto, Kabupaten Kulon Progo. Potensi alam yang dimilikinya di antaranya kayu jati, mahogany, durian, serta manggis. Hal tersebut menjadi alasan sebagian mata pencaharian masyarakatnya adalah penderes (pengrajin gula), serta beberapa di antaranya adalah petani serta berkebun.

Selain potensi sumber daya alamnya yang beragam, Dusun Sebatang juga memiliki budaya kesenian yang melekat pada masyarakatnya, di antaranya kuda lumping dan jathilan anak muda. Potensi yang lain dari dusun ini yaitu ada pada ternaknya, antara lain kambing, sapi, ayam, dan kelinci.

Sebagian besar masyarakat di dusun ini menempuh pendidikan hingga SLTA. Sebatang sendiri memiliki dua Kelompok Warga Tani (KWT) dan kelompok karang taruna yang aktif. Selain itu, Sebatang memiliki kelompok posyandu, PAUD, serta rumah serbaguna yang aktif. Melihat potensi serta keterbatasan yang dimilikinya, dusun ini mendapat bantuan dana pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dari LPDP RI.


Sumber data primer: Bapak Sumijan (Kepala Dukuh Sebatang)

Komentar

Postingan Populer