Dukuh Segajih

Lokasi: Griya Budaya, Dusun Segajih



  

PROFIL DUSUN

Dusun Segajih terdiri dari dari 4 RT dan 2 RW dan mempunyai jumlah penduduk yang berkisar 403 orang. Dusun Segajih merupakan dusun yang cukup berkembang di Desa Hargotirto, terutama dalam aspek budaya, kesenian, dan pendidikan. Dusun yang memiliki semboyan “Segajih, Live and Education” ini memiliki paguyubak kesenian kethoprak, macapat, serta kelompok qasidah bernama Aksanada. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah penderes, serta sebagian kecilnya petani. Selain itu, terdapat beberapa organisasi yang aktif di Dusun Segajih ini, di antaranya karang taruna, kelompok tani wanita, serta kelompok tani pria.

Dusun Segajih memiliki satu gedung sekolah yaitu SD Negeri Plaosan serta satu gedung puskesmas yaitu Puskesmas Kokap 2. Menurut Bapak Suyanto selaku Kepala Dukuh Segajih, Dusun Segajih baru saja membuka destinasi wisata bernama Segajih Live and Education yang kegiatannya berisi paket pendidikan (melukis, membatik, membuat gula semut, pemerahan susu kambing, serta gamelan atau karawitan) pada tanggal 22 Mei 2017. Kegiatan destinasi wisata tersebut terpusat di Griya Budaya di Dusun Segajih.

Bapak Suyanto berharap bahwa program di dusun ini mendapat pendampingan dari pemerintah untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat. “Terkadang BTL (Bantuan Tunai Langsung) kurang tepat sasaran sehingga menimbulkan kecemburuan sosial dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti gotong royong semakin rendah. Saya berharap kalau bisa ada program sejenis padat karya.”




Sumber data primer: Bapak Suyanto (Kepala Dukuh Segajih)


Komentar

Postingan Populer