Dukuh Keji

Lokasi: Rumah Pak Salim (Kepala Dukuh Keji)


PROFIL DUSUN

Dusun Keji berada di tengah desa Hargotirto, dikelilingi oleh berbagai dusun yang lain seperti, Segajih, Soropati, Teganing, Nganti dan Sekendal. Dusun Keji terdiri dari 4 RT dan 2 RW. Mata pencaharian utama yang ditekuni banyak penduduk Dusun Keji adalah penderes (pengrajin gula), sama dengan mata pencaharian utama sebagian besar dusun-dusun di Desa Hargotirto. Selain penderes, banyak juga warga Dusun Keji yang berkebun buah seperti buah kakao dan berternak binatang seperti ayam, kambing, dll.

Budaya kesenian yang ditekuni sebagian besar anak muda di Dusun Keji adalah kesenian Jathilan (kuda lumping) mirip seperti budaya kesenian yang dimiliki juga oleh dusun-dusun lain di Desa Hargotirto.

Dusun Keji memiliki tiga organisasi yang berjalan aktif, di antaranya adalah kumpulan Karang Taruna, Posyandu yang telah beroperasi secara mandiri setiap tanggal 17 di setiap bulan beserta kelompok tani untuk pria dan wanita. Selain beberapa organisasi yang berjalan aktif, Dusun Keji adalah salah satu dusun yang memiliki program Rencana Pembangunan Jalan setiap satu tahun sekali.

Karakteristik yang sangat unik yang dimiliki oleh warga dusun Keji adalah kekompakan warga yang sangat kuat di dalam hal gotong royong, bersih-bersih, persatuan warga, dll. Selain itu, Dusun Keji juga masuk dalam golongan dusun yang sehat, karena saat ini, tidak ada satupun penyakit yang sedang melanda di dusun ini, sedangkan sebagian dusun-dusun lain di Desa Hargotirto mempunyai sejarah penyakit Malaria dan Leptospirosis

Sumber data primer: Kepala Dukuh Keji


Komentar

Postingan Populer