Dukuh Menguri


PROFIL DUSUN

Letak Dukuh Menguri berbatasan dengan Dukuh Sebatang, Sungapan 1, Sungapan 2, dan Nganti. Dukuh Menguri terdiri dari 4 RT dan 2 RW, dengan jumlah KK sebanyak 184, dan jumlah penduduk sebanyak 528 jiwa. Sebagaimana layaknya mayorita penduduk di Desa Hargotirto secara umum, hampir seluruh penduduk Dukuh Menguri bekerja sebagai Pengrajin gula kelapa, dan ada beberapa yang menjadi tukang kayu dan pengrajin kayu. Hasil pertanian lain selain gula kelapa adalah Manggis dan Durian. Sedangkan hewan yang banyak diternakkan oleh penduduk setempat adalah Kambing, Ayam, dan Sapi.

Terdapat salah satu warga yang membudidayakan lele secara mandiri, yaitu Azis. Seorang tamatan SMA yang memiliki pekerjaan tetap sebagai buruh lepas di kandang ayam tetangga, tetapi juga memiliki usaha sampingan budidaya lele. Azis memiliki lima kolam lele yang produktif. Satu kolam rata-rata berisi 1.500 ekor lele. Untuk pemasarannya, Azis memasarkan lelenya ke pelanggan setia di sekitaran Desa. Usaha yang telah digeluti selama tiga tahun tersebut tidak pernah sepi pelanggan, apalagi ketika lebaran tiba. Usaha budidaya lele Azis cukup menjanjikan, apalagi ia juga menuturkan bahwa ia berencana untuk menambah satu kolam lagi untuk memenuhi permintaan pasar atas lelenya.

Organisasi yang aktif di Dukuh Menguri adalah PKK, Karang Taruna, Kelompok Wanita Tani Sarwodadi, dan Kelompok Hutan Purwomukti. Kelompok hutan Sarwomukti fokus pada bidang penanaman bibit pohon keras produktif seerti Jati atau Abasiyah. Kelompok Kesenian Shalawatan merupakan satu-satunya kelompok kesenian yang aktif berkegiatan hingga saat ini.


Komentar

Postingan Populer